Kendali dan inovasi

Bagi Apple, merancang produk dengan menguasai hardware hingga software yang berjalan diatasnya sudah dilakoni sejak lama. Bisa dibilang, Apple adalah pionir dalam urusan ini. Sebab, Apple telah merancang sendiri prosesor sendiri untuk jajaran produk Macintoshnya. Meski akhirnya ia akhirnya menyerah dan menggunakan produk Intel untuk Macbook-nya. Tradisi ini dilanjutkan saat Apple merancang iPhone dan dan iPad.

Baca juga : Net89

Mengutip pernyataan mendiang Steve Job, bahwa ia ingin Apple menguasai hal-hal yang primer dalam produk-produknya. Maka tak heran jika Apple lantas membangun kerajaan perangkat bergeraknya dengan mengoptimalkan hardware yang diakselerasi untuk OS yang mereka inginkan. Tak tanggungtanggung, Apple juga membuat sendiri sistem distribusi mereka lewat App Store dan iTunes. Bagi Apple, membuat SoC sendiri juga berarti keleluasaan untuk berinovasi. Saat meluncurkan iPhone 5s, Apple jadi pemanufaktur SoC pertama yang menggunakan 64-bit pada Apple A7.

Banyak pro-kontra muncul dengan peluncuran SoC ini. Mereka yang pro memuji langkah progresif Apple yang selangkah didepan kompetitornya. Bagi yang kontra, mereka menyebut hardware yang diluncurkan Apple ini hanya sebuah kesia-siaan belaka. Sebab belum ada aplikasi mobile yang menggunakan sistem bit tersebut. Apple juga digadang-gadang punya peta jalan jangka panjang yang masih rahasia dengan melepas produk ini. Sistem 64-bit ini dilanjutkan dengan Apple A8 untuk iPhone 6.

TSMC sendiri telah menjadi pemanufaktur chipset terbesar selama tiga dekade belakangan. TSMC adalah pabrikan semikonduktor. Mereka hanya mengerjakan chipset pesanan. Sementara klien-kliennyalah yang merancang chip mereka sendiri. Qualcomm dan ARM adalah sebagian pelanggan pabrik ini, demikian dilansir dari blog wall Street Journal.

Awal 2014, Apple pun jadi pelanggan baru TSMC. ia memindahkan sebagian produksi Soc-nya ke TSMC dari Samsung. padahal sejak awal iphone dibuat, seluruh produksi Soc Apple ditangani oleh Samsung. Meski demikian, TSMC mengakui bahwa ia sedikit tertinggal dibanding Samsung untuk memproduksi chipset dibawah 20nm. hal in diungkap Morris chang, chairman TSMC.

Padahal mereka berdua tengah brkompetisi untuk memenangkan proyek pengerjaan Soc Apple A9 14nm yang akan meluncur tahun depan. Gosipnya, Samsung akan mulai memproduksi chipset 14nm ini. Sebab, tahun lalu beredar kabar Samsung mendapat jatah memproduksi 30-40% pembuatan Soc Apple A9.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *