Ponsel Lokal Kian Tebar Pesona

Kian hari kebutuhan masyarakat akan ponsel kian meningkat, buktinya selalu ada pembeli yang lalu lalang di kawasan ITC Roxy Mas. Entah membeli atau juga menjual ponsel. Ada yang baru membeli ponsel, ada pula yang tujuannya mengganti ponsel lamanya yang dirasa sudah kurang memadai lagi. Di tengah maraknya peredaran ponsel-ponsel bermerk global di Roxy, tak dapat dipungkiri, ponsel merk lokal memperoleh pasarnya sendiri. Beberapa toko di Roxy bahkan menyediakan ponsel lokal lebih banyak ketimbang ponsel merk global yang kebanyakan harganya mahal. Siapa sangka, ternyata banyak juga pengunjung ITC Roxy Mas yang memburu ponsel-ponsel bermerk lokal seperti Advan, Evercoss, Smartfren dan beberapa merk lokal lainnya.

Ponsel Lokal Kian Tebar Pesona

Selain harga yang ditawarkan bersahabat dengan kantong, kualitas yang diberikan dirasa cukup memadai untuk kelasnya. Ponsel-ponsel lokal memang biasanya menyasar entry level, kelas premiumnya pun tidak terlalu mahal bila dibandingkan dengan ponsel-ponsel merk besar seperti Samsung, Sony dan lainnya. Saat ini, ponsel-ponsel lokal semakin menunjukkan eksistensinya di pasar ponsel tanah air. Berbekal harga miring dan promo-promo menarik, mereka mampu menjaring peminatnya sendiri. Beberapa produsen bahkan bekerja sama dengan pihak asing untuk mendongkrak angka penjualan. Misalnya saja dengan Advan. Produsen satu ini bekerja sama dengan klub sepakbola kenamaan Barcelona untuk menyematkan logo serta gambar pemain klub sepakbola ini pada box penjualan produknya. Menurut salah satu pemilik toko yang menyediakan ponsel dan tablet Advan Barca Edition ini, quality control yang diterapkan untuk edisi ini semakin ketat, apalagi pihak Barcelona memberikan standar yang tinggi. Beberapa kali SINYAL singgah di beberapa toko, ada saja yang mencari varian Advan Barcelona ini.

Di samping itu semua, Google juga bekerja sama dengan produsen lokal untuk menjajakan Android One, Android terjangkau. Saat ini, sudah ada tiga merk Android One di Indonesia dan ketiganya berasal dari produsen lokal, asli Indonesia. Ketiga ponsel tersebut adalah Mito Impact, Evercoss One X dan Nexian Journey One. Namun, sayangnya ketiga merk tersebut belum bisa ditemukan di ITC Roxy. Misalnya Evercoss, penjaga boothnya mengatakan kalau kemungkinan ponsel tersebut baru akan dijual secara fisik pada bulan April, sedangkan untuk Mito Impact kemungkinan pada akhir atau awal Maret ini. Yang pasti, ponsel lokal saat ini bukan tanpa taring. Mereka mampu bersaing di pasar ponsel tanah air, apalagi harga yang ditawarkan tidak menguras kantong dan performanya baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *