Main Cilukba

Bagi anak usia dini, bermain adalah suatu proses belajar untuk merangsang kecerdasannya: melatih otot-otot, mengasah indra, mengeksplorasi dunia sekitar, menguasai bahasa, bernalar, bersosialisasi, dan mengenal diri sendiri. Banyak permainan mencerdaskan yang fun, yang bisa dilakukan bersama si kecil di rumah. Sempatkan paling tidak 10 menit sehari. No gadget, no TV!

Baca juga : Tes Toefl Jakarta

Bayi sangat menyukai permainan ini. Dia pasti akan tertawa geli.

PANDUAN BERMAIN 1. Bayi dalam posisi telentang atau duduk. 2. Ambil kain/selimut/handuk kecil, lalu bentangkan di depan wajah si kecil. Katakan, ”Ayo, di mana Mama? Di mana Mama?” Beberapa detik kemudian ucapkan bilangan satu, dua, tiga, lalu angkat kain ke kiri-kanan atau atas-bawah sambil katakan, “Ciluuuk… ba.” 3. Tutup wajah Mama dengan kedua telapak tangan. Kemudian, buka kedua tangan sambil ucapkan, “Ciluuuk… ba.” Tunjukkan ekspresi wajah yang gembira.

4. Letakkan kedua telapak tangan si kecil untuk menutup wajah/matanya sendiri, kemudian lepaskan sambil bilang, ”Ciluuuk… ba.” Jangan lupa mengucapkan, ”Ayo di mana ya Mama (Papa)?” 5. Variasi lainnya, gunakan boneka tangan dengan beragam bentuk dan warna. Lakukan permainan dengan cara menyembunyikan boneka tangan di balik punggung si kecil. Lalu, beberapa detik kemudian muncul di sebelah kiri/kanan punggung si kecil. 6. Lakukan permainan ini berulang-ulang dan di ruangan yang berlainan.

Kecerdasan Yang Dikembangkan

? Kecerdasan Interpersonal & Bahasa

Lewat interaksi dalam permainan, bayi belajar mengenal kosakata dan intonasi suara kita saat berbicara.

? Kecerdasan Logis-Matematis

Bayi belajar mengenal urutan hitungan , semisal satu, dua, tiga.

? Kecerdasan Visual-Spasial

Bayi belajar mengenal konsep suatu sequence yang berurutan: dari menutup wajah dengan ta ngan/kain, lalu membukanya. Dia pun bel ajar bahwa jika benda atau orangtuanya tak terlihat, bukan ber arti tak ada selamanya. Dari sini ia jadi tahu, jika orangtuanya tak terlihat, bukan berarti menghilang se lamanya. Di usia sekitar 4 bulan, bayi akan berusaha meraih kain/seli mut/handuk kecil yang membatasi pandang annya. Bayi juga berusaha memegang boneka tangan yang ditunjukkan padanya. Dari sini bayi belajar mengenal tekstur, bentuk, serta warna-warni dari peralatan bermain yang digunakan.

? Kecerdasan Kinestetik-Jasmani

Kala bayi menggerakkan tangan, otot-ototnya dilatih hingga semakin lentur dalam bergerak.

Sumber : pascal-edu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *