Cara Menghitung Siklus Haid Menggunakan Kalender Menstruasi

Setiap wanita yang berada pada usia subur akan mengalami haid paling tidak sebulan sekali. Penting bagi seorang wanita untuk memprediksi siklus menstruasi yang datang tiap bulan.

Hai ini karena siklus haid menjadi indikasi kesehatan dan tingkat kesuburan wanita. Semakin teratur siklus haid pada perempuan dewasa, menandakan kondisi kesehatnnya baik.

Lalu bagaimana cara menghitung siklus haid dan manfaat mengetahui siklus haid? Temukan jawabannya pada artikel berikut ini

Cara Menghitung Siklus Haid Menggunakan Kalender Menstruasi

Satu kali masa haid berlangsung 3-7 hari. Nah yang dimaksud dengan siklus haid adalah rentang waktu mulai dari hari pertama haid sampai satu hari sebelum masuk masa haid berikutnya.

Karena tiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda, maka anda harus menghitungnya sendiri. Nah, berikut ini langkah-langkah menghitung siklus haid dengan kalender menstruasi.

1.Tandai hari pertama haid

Hari pertama haid merupakan tanda dimulainya siklus haid. Tandai hari pertama menstruasi dengan menggunakan kalender biasa ataupun kalender pada ponsel.

Menstruasi dimulai ketika anda mengeluarkan darah merah segar, bukan darah coklat atau munculnya PMS.

2.Ketahui panjang siklus haid anda

Panjang siklus haid dimulai dari haid hari pertama sampai hari terakhir, yaitu hari sebelum masa haid berikutnya dimulai.

Rata-rata siklus haid wanita normal adalah sekitar 28 hari, ini menjadi pertanda bahwa wanita tersebut subur dan tidak bermasalah sistem reproduksinya.

Tapi siklus haid terkadang memang tidak teratur, hal ini bisa dikarenakan stress psikis, lelah fisik, maupun pola hidup sehari-hari yang tidak sehat.

3.Mencatat lama siklus haid bulan berikutnya

Panjang siklus haid bisa sedikit berbeda dari bulan ke bulan. Hari pertama siklus haid bisa sedikit maju atau mundur dari perkiraan, tergantung kondisi tubuh.

Nah, untuk menentukan berapa lama siklus haid anda, sebaiknya anda mencatatnya selama beberapa bulan dan membuat rata-ratanya.

Perhitungan siklus haid diatas hanya berlaku untuk wanita yang memiliki pola menstruasi teratur. Beberapa wanita memiliki siklus haid yang tidak teratur, kadang dua bulan atau tiga bulan sekali.

angat sulit menghitung siklus haid bagi wanita yang memiliki pola haid tak menentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *