kata kerja v1 v2 v3

Contoh Penggunaan Kata Kerja V1 V2 V3 Dalam Tenses

Sudah hafal dengan perubahan kata kerja dalam bahasa Inggris. Sedikit ulasan, kata kerja dalam bahasa Inggris disebut sebagai verb. Verb dalam bahasa Inggris memiliki perubahan yang perlu dihafalkan yaitu verb 1 verb 2 dan verb 3.

Perubahan kata kerja ini dibagi menjadi dua yaitu kata kerja beraturan (regular verb) yang memiliki perubahan akhiran -ed dan -d menurut situs Studiva.

Satu lagi adalah kata kerja tidak beraturan (irregular verb) dimana perubahan masing-masing kata kerja tidak dapat diprediksi.

Mengenal kata kerja sangat penting untuk penyusunan kalimat dalam bahasa Inggris. Tanpa kata kerja maka kalimat tidak akan berbunyi atau hanya berupa frasa. Masing-masing kata kerja v1 v2 dan v3 akan digunakan dalam tense yang berbeda.

Contoh Penggunaan Kata Kerja V1 V2 V3 Dalam Tenses

Apa saja tense yang menggunakan v1 v2 dan v3? Seperti apa contoh penggunaannya? Berikut ini pembahasannya:

1. Simple Present Tense

Tense ini adalah jenis tens yang paling mudah dihafalkan. Fungsinya adalah untuk menyatakan kegiatan yang sedang berlangsung atau rutinitas sehari-hari. Rumus yang digunakan dalam simple present tense adalah Subjek + verb 1 (-s/-es) + Objek.

Verb 1 akan ditambahkan sesuai subjek. Jika subjeknya berupa He, She dan It maka penambahan -s atau -es diperlukan. Contoh kalimatnya ‘She eats fruit in the market’ (Dia makan buah di pasar).

2. Simple past tense

Tense ini berfungsi untuk menyatakan kegiatan yang telah dilakukan di masa lampau dan saat ini sudah tidak berlangsung. Rumus yang digunakan adalah Subjek + verb 2 + Objek.

Berbeda dengan simple present tense, karena verb 2 sudah mengalami perubahan tidak perlu penambahan -s atau -es di akhir kata kerja. Contoh kalimatnya menjadi ‘I boiled water in the kitchen’ (Aku telah merebus air di dapur).

3. Present perfect tense

Fungsi dari tense ini adalah untuk mengungkapkan kejadian di masa lalu dan masih berlanjut hingga saat ini. Rumus yang digunakan adalah Subjek + have/ has + verb 3 + Objek.

Verb 3 digunakan untuk menyatakan masa lampau. Contoh kalimat dengan tense ini adalah ‘She has lived in here for 4 years’ (Dia telah tinggal di sini selama empat tahun).

4. Past perfect tense

Tense ini digunakan untuk membentuk kalimat yang menyatakan suatu kejadian telah selesai pada suatu waktu di masa lalu sebelum kejadian baru terjadi. RUmus yang digunakan adalah Subjek + had + verb 3 + Objek.

Rumus ini tidak sulit seperti fungsinya, contoh kalimatnya adalah ‘When she came home yesterday, the light had blake out’ (Ketika dia datang kemarin, listrik telah mati). Terdapat dua kejadian yang dijelaskan dalam past perfect tense yaitu dimana kejadian telah selesai saat kejadian baru terjadi.

5. Future perfect tense

Tense ini digunakan untuk mengungkapkan kejadian yang akan selesai beberapa waktu yang telah diprediksi. Rumus yang digunakan adalah Subjek + will + have + Verb 3 + Objek. Kejadian yang dilakukan masih dilakukan dan diprediksi akan selesai beberapa waktu kemudian.

Contoh kalimat menggunakan tense ini seperti ‘At the second week, they will finished build the house’ (Pada minggu kedua, mereka akan menyelesaikan pembangunan rumah). Keterangan waktu bisa diletakan di depan kalimat atau diakhir kalimat.

6. Past future perfect tense

Fungsi dari tense ini adalah untuk membicarakan kejadian yang tidak terjadi dimasa lalu. Rumus yang digunakan adalah Subjek + would + have + verb 3. Contoh kalimat yang digunakan ‘My book would not have gone if you had saved in my room’ (Bukuku tidak akan hilang jika kamu menyimpannya di ruanganku).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *